DESA SIBANGGOR Desa Wisata yang eksotis

17 02 2010

Desa Sibanggor yang letaknya jauh dari Ibukota Propinsi  termasuk kedalam salah satu desa di Kabupaten Mandailing Natal Kec. Puncak Sorik Marapi. Desa yang letaknya di kaki Gunung Sorik Marapi ini merupakan desa konservasi Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Keberadaan desa ini juga diharapkan bisa menjadi penopang terhadap kelestarian alam yang ada disekitarnya. Topografi kawasan yang berkontur dan permukiman tradisional yang tersusun secara alami memberikan pemandangan yang luar biasa.

Menurut sejarah, Desa Sibanggor pada tahun 1892 karam oleh lahar gunung berapi yang dimuntahkan dari puncak Gunung Sorik Marapi. Desa yang karam ini biasa disebut Desa Sibanggor lama yang kemudian dipindah atau direlokasi ketempat yang sekarang ini kita lihat.

Bila kita kaji lebih mendalam, Desa ini menyimpan aneka keindahan dan pelajaran tersendiri. Desa yang mayoritas penduduknya beragama islam sangat kental sekali dengan nuansa keagamaannya. Aktifitas penduduk sehari-hari juga bisa kita lehat sebagai daya tarik bagi siapa saja yang berkunjung kemari. Masyarakat yang ramah dan terbuka dengan wisatawan baik lokal maupun luar membuat pengunjung merasa nyaman. Penduduk juga tidak enggan untuk menerima wisatawan menginap dirumah mereka.

Beberapa poin yang menjadi daya tarik wisata di Desa Tradisional Sibanggor ini adalah:

-  Deretan perumahan penduduk dari bahan kayu dan atap ijuk yang sangat alamiah membuat kita tak ingin meninggalkannya. Kelompok-kelompok rumah yang terbentuk secara alamiah menciptakan suatu ruang terbuka sosial yang fungsional.

-  Aktifitas keseharian masyarakat dari mulai subuh, pergi ke ladang, sampai sore dan malam hari sangat menginspirasi kita akan kebersamaan dan persaudaraan satu sama lain.

-  Di Desa Sibanggor ini juga terdapat tempat pemandaian air panas yang banyak di kunjungi wisatawan dalam dan luar.

-  Pada hari-hari tertentu, acara adat menjadi tontonan yang sangat menarik seperti pertunjukkan Gordang Sembilan dan juga acara makan  bersama pada 10 Dzulhijjah di masjid.

-  Masjid yang begitu kontras pada permukiman merupakan hasil sumbangsih masyarakat yang ada diperantauan. Masjid ini lah tempat dimana mereka beribadah dan bersosialisasi. Bila kita ada di lantai 2 mesjid ini, maka kita akan menikmati indahnya permukiman secara menyeluruh.

-  Kawasan Taman Nasional Batang Gading juga bisa diakses melalui Desa Sibanggor

-  Beberapa Fasilitas juga banyak disediakan oleh pihak Pemerintah Pusat maupun Daerah yang ingin menjadikan Desa Sibanggor sebagai desa wisata. Salah satunya adalah pembangunan sopo godang atau gedung serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk warga sebagai tempat pertemuan dan bersosialisai.

Semoga semua pihak yang terkait bisa terus membangun Desa Sibanggor menjadi desa tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Maju terus Desa Sibanggor dan pertahankan nilai alamiahmu. Aku mengagumimu sebagai desa yang memiliki eksotika luar biasa.




About these ads

Actions

Information

3 responses

24 02 2010
SIALANG BUAH “Pesona Pantai yang terabaikan” « @nstone_Architecture Design & Bisnis Info

[...] awalnya aku pernah beberapa kali kesana, itupun karena aku terlibat dengan suatu proyek perencanaan kawasan wisata pada saat aku bekerja di kantor konsultan pada tahun 2008. Sekarang tepat tanggal 14 Februari 2010 [...]

5 03 2010
Danau Toba, Pesona Eksotis di Sumatera Utara « @nstone_Architecture Design & Business Info

[...] pemerintah semakin ditingkatkan untuk perkembangan daerah wisata ini. Beberapa acara untuk promosi dan menarik minat pengunjung dilakukan disini. Salah satu acara [...]

6 01 2012
toba lake « Manuel I G

[...] pemerintah semakin ditingkatkan untuk perkembangan daerah wisata ini. Beberapa acara untuk promosi dan menarik minat pengunjung dilakukan disini. Salah satu acara [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: