Rangka atap baja ringan

23 02 2010

Dalam membuat Architecture Design pada bangunan gedung dan rumah kita tak lepas dari atapnya. Atap merupakan bagian rumah yang melindungi sisi bagian dalam rumah. Selubung atap ini ditopang oleh rangka sebagai struktur penahan lapisan atap. Kekuatan atap tergantung kepada kekuatan rangkanya. Rangka atap bisa dibuat dengan berbagai macam bahan seperti kayu dan baja ringan. Oleh karena keberadaan kayu sulit didapat dipasaran dan kalaupun ada pasti harganya sangat tinggi, maka solusi yang tepat untuk mengganti bahan kayu tersebut adalah dengan memakai bahan baja ringan.

Dengan semakin meluasnya pemakaian baja ringan di masyarakat, perlu sekali diketahui beberapa hal mengenai barang tersebut. Rangka atap baja ringan memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan sifatnya yang ringan sehingga beban yang diterima bangunan menjadi ringan. Bila dibandingkan dengan rangka kayu, jelas sekali rangka baja lebih efisien dan tahan lama. Kayu yang biasanya bisa dimakan rayap, maka baja ringan bisa lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat.

Untuk biaya pembangunan rumah dengan rangka atap baja ringan bisa ditekan lebih rendah, karena harga dipasaran yang relatif lebih murah dari rangka kayu. Pemasangan yang mudah dan cepat mampu mengurangai waktu pengerjaan sehingga proses pembangunan rumah bisa lebih cepat. Semua bentuk dan desain bangunan bisa diimplementasikan dengan menggunakan baja ringan.

Pemasangan rangka atap baja ringan ini biasanya ditangani langsung oleh produsen yang mempunyai produk ini. Desain gambar secara perhitungan struktur yang baik disediakan oleh pihak produsen dengan garansi tertentu. Pekerja yang memasang rangka baja ringan ini juga harus benar-benar ahli dan memiliki sertifikasi di bidangnya untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.

Untuk mengurangai radiasi panas matahari yang masuk kedalam rumah, biasanya pada rangka atap baja ringan ini ditambahkan dengan material Aluminium Foil. Dengan permukaan aluminium foil ini, suhu dalam ruangan bisa terkontrol, sehingga terasa dingin dan nyaman berada didalam rumah walaupun cuaca panas.

Beberapa keunggulan baja ringan dapat dirangkum sebagai berikut :

  1. Mutu material terjamin dari produsen
  2. Tidak memperbesar api, tahan karat dan tahan terhadap rayap
  3. Kuat, tidak rapuh dan tahan terhadap cuaca yang ekstrim
  4. Ringan, kesalahan pemasangan minim karena dipasang oleh tukang yang ahli dan bersertifikasi di bidangnya
  5. Struktur terjamin karena diproses dengan sistem komputer.
  6. Mudah, cepat dan efisien dalam pengerjaan

Setelah atap dengan rangka baja ringan terpasang, anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pemeliharaan intensif karena bisa dijamin kekuatan dan kekokohannya sampai beberapa puluh tahun kedepan. Biaya pemeliharaan bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Lebih menguntungkan bukan? Silahkan anda coba pada bangunan anda.


Actions

Information

8 responses

23 02 2010
ALUMINIUM FOIL, tak telihat tapi terasa « @nstone_Architecture Design & Bisnis Info

[…] FOIL, tak telihat tapi terasa 23 02 2010 Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan mengenai rangka atap baja ringan sebelumnya. Sebagai pelengkap atap, aluminium foil baik digunakan untuk mengatasi suhu panas yang […]

24 02 2010
Memilih perumahan berkualitas « @nstone_Architecture Design & Bisnis Info

[…] dengan semua standar yang dijanjikan. Periksa semua bagian rumah, dari lantai, dinding, plafond, atap, daluran listrik, saluran air bersih dan kotor, kusen pintu jendela, dan lainnya. Setelah kondisi […]

24 02 2010
Proses Membangun Rumah « @nstone_Architecture Design & Bisnis Info

[…] Rencana Struktur (Pondasi, Sloof, Balok/Kolom, Ring balok, Rencana atap) […]

27 02 2010
21 03 2010
Lantai Rumah dan Bahannya « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] Rumah dan Bahannya 21 03 2010 Bangunan rumah tak akan lepas dari lantai, dinding, atap, dan elemen rumah lainnya. Lantai sebagai dasar atau alas kita berpijak dalam rumah memerlukan […]

9 11 2012
CV.Tharaz

Bagai mana bangun mitra bisnis berupa buka kantor cabang/perwakilan/distributor di daerah..Moga sukses..Amin

13 01 2014
Membangun Rumah Murah ? Mungkinkah ! | inspirasihunian

[…] Rencana Struktur (Pondasi, Sloof, Balok/Kolom, Ring balok, Rencana atap) […]

10 02 2014
Membangun Rumah Murah ? Mungkinkah ! |

[…] Rencana Struktur (Pondasi, Sloof, Balok/Kolom, Ring balok, Rencana atap) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: