ALUMINIUM FOIL, tak telihat tapi terasa

23 02 2010

Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan mengenai rangka atap baja ringan sebelumnya. Sebagai pelengkap atap, aluminium foil baik digunakan untuk mengatasi suhu panas yang dihasilkan oleh radiasi matahari melalui atap rumah.

Bahan atap yang pada umumnya memiliki daya panas tinggi dapat diredam dengan pemakaian aluminium foil dibagian bawah pelapis atap. Memang terlihat sepele, namun rumah yang memiliki temperatur tinggi didalam rumah bisa membuat penghuni tidak betah didalam rumah. Suasana tidak nyaman ini tidak perlu terjadi bila kita tahu solusinya. Salah satu solusi yang tepat adalah dengan menambahkan elemen aluminium foil tersebut.

Jika kita telaah lebih dalam, sebenarnya asal-usul panas didalam rumah antara lain berasal dari radiasi panas matahari pada siang hari. Panas yang masuk melalui atap masuk keruang diatas plafond, lalu panas masuk merambat diruangan bawah plafond sehingga ruangan menjadi panas. Dari proses perpindahan panas tersebut jelas bagian atap merupakan pintu masuk utama dari panas yang menjadi sumber panas dalam ruangan. Untuk itu perlu ketelitian untuk memilih bahan penutup atap yang tepat mengatasi masalah tersebut.

Sebagai pelengkap maka bahan atap juga perlu diperhatikan untuk hasil maksimal. Bahan atap yang baik berasal dari bahan seperti asbes, genteng keramik, dan genteng beton, Selain memiliki daya penyerapan panas yang tinggi juga memiliki daya reflektivitas yang rendah.

Aluminium foil mampu menahan panas karena memiliki daya reflektivitas sebesar 95%-98% sehingga panas matahari yang diterima akan dipantulkan kembali. Pemasangan aluminium foil diletakkan dibawah reng, sehingga panas yang diterima lapisan penutup atap langsung dikembalikan agar tidak masuk kedalam ruangan.

Itulah sedikit info yang mungkin bisa menjadi inspirasi dalam menciptakan rumah yang nyaman dan sejuk tanpa harus menggunakan alat pengkondisian udara seperti AC. Selain nyaman juga bisa menghemat pemakain energi listrik.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: