Memilih perumahan berkualitas

24 02 2010

Mungkin saat ini anda mempunyai planing membeli rumah sesuai kebutuhan anda. Banyaknya perumahan yang dihadirkan dengan bermacam konsep dan tipe yang berbeda bisa membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Ada beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum anda memutuskan membeli perumahan yang dibangun oleh developer. Jangan sampai anda salah langkah karena hanya percaya dan mendengarkan apa yang diucapkan marketing dari pihak perumahan. Semua developer pasti akan mengatakan yang terbaik untuk menarik konsumen/pembeli, jadi jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.

Untuk meyakinkan anda dalam memilih perumahan maka anda harus memperhatikan hal dibawah ini :

  • Pemilihan Lokasi

Lokasi yang strategis dengan akses yang mudah merupakan pilihan terbaik. Anda harus tahu perkembangan yang terjadi dilokasi tempat pembangunan perumahan yang akan anda pilih. Lebih baik anda langsung survey ke lapangan tempat rumah yang akan dibangun. Rasakan dan lihat sendiri suasana lingkungan yang ada disekitarnya.

  • Aspek Legalitas

Walaupun lokasi strategis dan menarik, jangan langsung memutuskan untuk membeli. Hal yang tak kalah penting adalah aspek legalitas lokasi pembangunan perumahan. Anda bisa meminta ditunjukkan legalitas proyek seperti Sertifikat Induk, IMB, AJB, PHTB, SHM/SHGB, maupun ijin prinsip pembangunan.

  • Fasilitas Sarana & Prasarana

Tersedianya fasilitas dan prasarana yang lengkap bisa jadi pilihan. Tawaran bonus dan hadiah yang ditawarkan pihak developer juga bisa menjadi pertimbangan. Fasilitas seperti jalan lingkungan, drainase, penerangan jalan, fasilitas air minum, Jaringan telepon, rumah ibadah, taman, maupun keamanan yang baik bisa dijadikan pilihan terbaik.

Sekali lagi anda harus kelapangan melihat langsung kondisi fasilitas sarana dan prasarana ini, karena biasanya apa yang ada dalam brosur dan janji pihak developer tidak 100 % benar dengan yang ada di lapangan. Anda juga harus mengecek perkembangan perumahan yang sedang dibangun, sampai seberapa progres dan kemajuannya.

  • Kondisi Rumah

Pihak Developer biasanya membuat rumah contoh sebagai gambaran rumah yang dijual. Lihat dan teliti kualitas bangunan dan kenyamanannya. Pilih rumah sesuai kebutuhan dan keinginan anda saat ini karena setiap perumahan meliki design yang berbeda. Perubahan design pada rumah bisa saja dilakukan dengan persetujuan keduabelah pihak.

Sebelum anda menerima kunci, jangan lupa cek lebih dulu kondisi rumah. Apakah rumah yang dibangun sesuai dengan gambar dan lengkap dengan semua standar yang dijanjikan. Periksa semua bagian rumah, dari lantai, dinding, plafond, atap, daluran listrik, saluran air bersih dan kotor, kusen pintu jendela, dan lainnya. Setelah kondisi rumah dianggap memenuhi standar yang dijanjikan, maka anda bisa menerima kunci dan melakukan proses akad kredit bila anda mengambil rumah dengan sistem KPR.

  • Potensi Perkembangan

Bila anda membeli rumah sebagai investasi, hal ini perlu diperhatikan. Perkembangan beberapa tahun kedepan mesti dilihat dengan memperhatikan sekitar lokasi apakah memungkinkan terjadinya perkembangan. Anda juga pasti tahu bahwa harga property semakin lama pasti mengalami peningkatan harga, apalagi didukung dengan lokasi yang strategis.

Dengan beberapa poin diatas, sekarang anda bisa dengan yakin memutuskan perumahan mana yang akan dibeli. Semoga anda tidak salah pilih tapi merasa puas memilih rumah sesuai kebutuhan dan keinginan anda.


Actions

Information

3 responses

5 03 2010
SEPTICK TANK « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] Informasi ini membantu anda dalam merencanakan rumah sehat dengan septick tank yang […]

16 03 2010
Solusi Tepat Untuk Rumah Kecil Anda « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] mutlak dimiliki setiap orang untuk berteduh dan beristirahat. Kebutuhan rumah yang besar dan nyaman kadang terhambat oleh faktor keuangan bagi sebagian orang. Jangan khawatir, dengan rumah kecil […]

25 09 2010
sofyan

bagus sekali gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….mas
tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1 lantai)atau Luas Bangunan antara 60 – 65 m2 dengan
ruangan terdiri dari :
1 bh kamar utama + kamar mandi
2 bh kamar anak
1 bh KM/wc luar
ruang tamu
ruang keluarga
Ruang Makan
Musholla kecil
Dapur
Tempat Cuci
teras depan dan belakang
carport
TOLONG YA MAS DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
sofyannurhakim@gmail.com ditunggu mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: