Danau Toba, Pesona Eksotis di Sumatera Utara

5 03 2010

Objek wisata di Sumatera Utara sangat beragam, dari panorama alam yang indah, budaya masyarakat, kesenian, kerajinan, maupun makanan khas daerahnya. Di salah satu daerah yang bisa ditempuh dalam waktu tiga sampai empat jam dari Kota Medan terdapat pesona alam yang menakjubkan dan eksotis. Pesona alam berupa hamparan air yang membiru dan terbentang luas itu tak lain adalah Danau Toba. Danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km ini sangat terkenal di indonesia maupun mancanegara.

Danau toba menurut cerita sejarah terbentuk akibat adanya ledakan dahsyat yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 yang lalu. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Kejadian ini menyebabkan kematian masal dan membentuk cekungan besar yang kemudian berisi air dan menjadi danau seperti yang kita lihat sekarang ini. Ditengah danau terdapat pulau samosir dengan ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut.

Keindahan panorama danau bisa dinikmati sepanjang pesisir danau. Dari bererapa tempat disekitarnya danau ini tetap terlihat eksotis. Bicara Danau toba pasti kita tak lepas dengan tempat-tempat disekitarnya seperti parapat, tuktuk, samosir, dan daerah sepanjang tepi danau toba ini.

Perhatian pemerintah semakin ditingkatkan untuk perkembangan daerah wisata ini. Beberapa acara untuk promosi dan menarik minat pengunjung dilakukan disini. Salah satu acara tahunan yang digelar disini adalah Pesta Danau Toba yang digelar di Kota Parapat. Serangkaian pertunjukan dan atraksi seni dan budaya ditampilkan disini. Sambutan dan kemeriahan pesta akbar ini bisa menyedot para pengunjung baik lokal maupun manca negara.

Bila kita berkunjung ke Danau Toba maka yang kita lihat selain pesona Danau yang menakjubkan juga aktivitas penduduk dengan budaya batak yang khas. Pernak-pernik khas Danau Toba sangat mudah diperoleh untuk dijadikan cinderamata.

Di Danau Toba banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, dari berenang di tepi danau dengan pelampung dan ban, berjalan santai menikmati pemandangan danau, dan memilih cinderamata untuk dibawa pulang. Hiasan, ukiran, baju, dan aneka kerajinan ada di Danau Toba.

Bagi anda yang sudah pernah kemari, pasti ingin sekali kembali datang dan menikmati keindahan alam danau yang tak habis dari waktu kewaktu. Apalagi bagi anda yang belum pernah kemari. Ayo buruan datang dan buktikan sendiri. Pasti anda akan terpesona dengan hamparan Danau Toba yang eksotis ini.


Actions

Information

4 responses

9 03 2010
Pesanggarahan Soekarno di Berastagi « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] kemudian dipindahkan ke Pesanggarahan yang ada di kota Parapat Danau Toba. Rumah yang ada di tepian Danau Toba masih berdiri kokoh dan menjadi bukti […]

9 03 2010
Pesanggarahan Soekarno di Parapat « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] maka pada tanggal 1 Januari 1949 beliau dipindahkan ke Kota Parapat. Di sebuah rumah di tepi Danau Toba inilah beliau dipindahkan dan untuk beberapa saat tinggal disini. Agus Salim dan Sutan Syahrir juga […]

11 03 2010
Pulau Samosir « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] ke Danau Toba belum lengkap rasanya kalau tidak singgah ke pulau kecil yang ada ditengahnya. Pulau apa lagi kalau […]

4 09 2013
Obat Asma

informasi yang kreen banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: