SEPTICK TANK

5 03 2010

Dalam perencanaan bangunan harus diperhatikan sisi kesehatan dan sanitair. Saniter yang meliputi sistem pembuangan air kotor dari klosed kamar mandi ke septick tank. Bagian rumah yang berfungsi sebagai wadah kotoran ini bisa menjadi masalah besar bila tidak direncanakan dengan baik. Bangunan yang dibuat dibawah permukaan tanah ini sering juga disebut beerput. Perbedaannya hanya pada bentuknya, dimana septick tank berbentuk persegi panjang dan terbuat dari pasangan bata sedangkan beerput berbentuk selinder dari bis beton.

Penempatan posisi septictank harus diperhatikan, dimana jarak minimal dari sumur (sumber air bersih) minimal 7 m. Hal ini untuk mengantisipasi tercemarkan air bersih akibat rembesan septick tank atau rembesan dari saluran peresapan. Jarak septict tank dengan bangunan minimal 1,5 m.

Besarnya dimensi septict tank ditentukan dengan banyaknya jumlah penghuni rumah. Berdasarkan SNI, rumah dengan 5 penghuni membutuhkan septict tank dengan volume basah 1,2 m³, ruang lumpur 0,45 m³, dan ruang ambang batas 0,4 m³.

Septict tank yang dibuat harus kuat, tahan terhadap asam, dan kedap air. Bahan untuk membuat septict tank beraneka ragam seperti batu bata, batako, beton, keramik, pvc, plastik ataupun besi. Saat ini banyak material baru yang digunakan untuk membuat septick tank, contohnya septick tank yang menggunakan biological system dengan memaksimalkan kinerja mikroba pengurai dan disertai system filtrasi dan disinfektan tube.

Disini saya akan melampirkan contoh gambar septick tank dengan material pasangan bata yang terdiri dari :

1. Denah Septick Tank

2. Potongan Septick Tank3. Penerapan di Lapangan

Semoga Informasi ini membantu anda dalam merencanakan rumah sehat dengan septick tank yang baik.


Actions

Information

2 responses

19 05 2010
andhika

makasih atas sharing info-info nya

20 01 2011
septiana adi

ada info ttg septictank yg menggunakan bio system ga???????
tahnks sblmnya… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: