Pesanggarahan Soekarno di Parapat

9 03 2010

Setelah Presiden Soekarno diasingkan di Berastagi, karena alasan keamanan maka pada tanggal 1 Januari 1949 beliau dipindahkan ke Kota Parapat. Di sebuah rumah di tepi Danau Toba inilah beliau dipindahkan dan untuk beberapa saat tinggal disini. Agus Salim dan Sutan Syahrir juga ikut dipindahkan ketempat ini.

Berjalan-jalan di Parapat dengan pemandangan Danau Toba yang menakjubkan, kita juga bisa mengunjungi kawasan sejarah berupa bangunan kuno tempat Presiden Pertama Indonesia diasingkan dulu pada masa penjajahan Kolonial Belanda. Bila kita berdiri di bangunan dan memandang kedepan, maka akan terpampang dengan jelas keindahan Pulau Samosir yang dibatasi Danau Toba. Keindahan itu akan sangat sempurna tatkala matahari terbit ataupun terbenam. Dari sini jelas sekali perpindahan matahari tersebut.

Bangunan berarsitektur neoklasik atau indische Architectuur ini dibangun pada tahun 1820 dengan ukuran 10 x 20 m dan dikelilingi taman yang luas serta berkontur seluas 2 Ha.

Di Rumah dua lantai inilah Presiden Soekarno ditawan selama satu setengah bulan. Bukti keberadaan beliau terlihat dari beberapa lukisan dan perabotan rumah yang dulu dipakai oleh beliau. Beberapa diantaranya seperti Ruang dan tempat tidur, kursi ukir, lukisan, foto, koleksi buku, dan lainnya masih terawat dengan baik di rumah ini.


Actions

Information

4 responses

9 03 2010
Pesanggarahan Soekarno di Berastagi « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] Pintu dan Jendela Pesanggarahan Soekarno di Parapat […]

11 03 2010
Pulau Samosir « @nstone_Architecture Design & Business Info

[…] ini. Pusat aktifitas wisatawan di pulau ini terletak di Tuktuk yang bisa dicapai dengan feri dari Parapat atau melalui jalur darat mengitari pinggiran Danau Toba melalui Pangururan. Di Tuktuk banyak […]

25 04 2012
Jalan-jalan ke Danau Toba : Bagian 1/2 – Kota Parapat | Blog Kemaren Siang

[…] Soekarno dan pemandangan sekitarnya yang saya ambil. Jika ingin melihat lebih banyak, kunjungi pranala ini yang memuat foto-foto rumah Soekarno lebih […]

14 08 2014
harryd.

Tahun 1820 sepertinya Belanda belum merangsek jauh ke Tanah Batak.

Btw, gedungnya tampak cantik. Jadi pengen liat aslinya :)8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: