SIALANG BUAH “Pesona Pantai yang terabaikan”

16 02 2010

SIALANG BUAH, nama sebuah pantai yang terletak tidak jauh dari kota medan namun tetap memberikan ketertarikan tersendiri bagi orang yang haus menikmati keindahan alam. Pantai ini sempat memberikan semangat hari ini untuk melangkahkan kaki ku menuju kehamparan pasir putihnya yang begitu menawan. Memang awalnya aku pernah beberapa kali kesana, itupun karena aku terlibat dengan suatu proyek perencanaan kawasan wisata pada saat aku bekerja di kantor konsultan pada tahun 2008. Sekarang tepat tanggal 14 Februari 2010 yang berarti hampir 2 tahun aku tidak melihat pantai yang terkenal dengan hamparan pasir pantai, jembatan peninggalan sejarah, dan juga aktifitas nelayan yang kembali dengan hasil tangkapanya dari laut. Luar biasa menakjubkan dan membuat aku ingin sekali ini kembali mengenang masa itu.

Sialang Buah salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang ada di kabupaten serdang bedagai Sumatera Utara. Pantai Sialang Buah termasuk pantai yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar setelah pantai cermin. Disekitar Pantai Sialang Buah ada beberapa pantai yang tak kalah menarik, seperti Pantai Klang, L.Sigambar, T.R. Dewi, dan Tuntungan. Pantai Sialang Buah merupakan dataran pantai yang tertetak antara 0 – 8 meter dari permukaan laut, dan kemiringan 0 – 8%. Wilayah desa pantai Sialang Buah memiliki lahan seluas 201 Ha. Desa Pantai Sialang Buah merupakan ibukota dari Kecamatan Teluk Mengkudu. Kawasan wisata terletak l300 meter dari pemukiman penduduk.

Berdasarkan histori yang diceritakan oleh penduduk yang berada disekitar pesisir pantai, Pantai ini dahulu sering digunakan oleh para Pasukan TNI untuk berlatih dan mendidik ketangkasan mereka. Setelah beberapa lama barulah pemerintah berinisiatif untuk mengelola pantai menjadi objek wisata agar bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang tertarik. Pada saat terjadi peristiwa gelombang tsunami, pantai ini juga menerima dampak yang sukup besar seperti daerah-daerah lainnya yang ada di pesisir pantai. Walau korban jiwa tidak sebanyak seperti yang ada di aceh, namun peristiwa tersebut juga cukup menghancurkan fasilitas yang ada disana. Jembatan yang tadinya terlihat memberikan landmark terhadap kawasan ini juga menjadi rusak akibat terjangan gelombang tsunami tersebut.

Jembatan yang dulu terlihat eksotis dan memiliki nilai sejarah, pada saat ini malah diganti dengan jembatan yang sangat konvensional tanpa sentuhan seni sedikitpun. Jembatan yang dibangun sekarang hanya terdiri dari besi-besi kaku yang menjadi rangka untuk menopang permukaan jembatan dari kayu tersebut. Kalau untuk sekedar menjadi akses penghubung antara area parkir dengan area wisata pantai, mungkin jembatan tersenut bisa di bilang ok lah. Namun keberadaannya tidak akan menjadi daya tarik untuk pengunjung. Disini lah sebenarnya peran pemerintah untuk bisa membuat fasilitas yang bisa meningkatkan minat pengunjung.

Pantai Sialang Buah memiliki potensi yang luar biasa. Bila kita kaji lebih jauh beberapa potensi tersebut dapat diolah sehingga menghasilkan nilai plus untuk kawasan tersebut. Adapun Potensi yang ada tersebut antara lain :

  • Letaknya strategis antara kota Medan dan kota Tebing Tinggi
  • Udara Segar dan belum mengalami polusi yang berat
  • Tidak terdapat hal yang berbahaya seperti ikan paus
  • Penduduknya ramah akan masyarakat wisatawan.
  • Hari libur dan hari Minggu ramai dikunjungi wisatawan domestik
  • Pukulan ombak yang sudah dapat dinikmati langsung oleh wisatawan
  • Dari pagi sampai pukul 12.00 siang biasa dijalani sampai 400 meter karena airnya surut, tapi setelah pukul 12.00 airnya pasang (naik) kembali.
  • Di tepi pantai bisa tidur-tiduran dengan santai, pantainya mengandung pasir kuarsa yang dapat digunakan sebagai bahan baku kaca.
  • Potensi Fisik

Potensi berupa pesisir pantai dengan pasir putihnya bila dimanfaatkan bisa meningkatkan penghasilan penduduk sekitar pantai.

  • Potensi Ekonomi

Disepanjang pantai Sialang Buah terdapat aktifitas perekonomian dan perdagangan yang berpotensi dalam perkembangannya. Adanya aktifitas penjualan hasil tangkapan laut berupa kepiting, ikan, kerang, dan udang membuat perekonomian tetap berjalan. Gubuk-gubuk yang disusun secara linear terhadap pantai dan permukiman penduduk disediakan dengan harga antara Rp. 20.000 – Rp. 25.000; Di pantai ini sekarang juga disediakan ban sewa untuk berenang di pantai dan juga sarana keliling di sekitar pantai dengan kapal nelayan dengan standar harga sekitar Rp. 3000 / orang.

Setelah menikmati pantai yang indah dan berkeliling dihamparan pantai ataupun jalan setapak yang disediakan, anda juga bisa beristirahat sejenak dikursi-kursi yang disediakan pemerintah di beberapa sudut sepanjang pantai. Bila sudah merasa lapar, disini anda jangan takut karena banyak sekali disuguhkan makanan bahari dan lainnya yang nikmat, fresh dan harganya juga terjangkau. Untuk Kerang rebus dibandrol sekitar Rp. 15.000/porsi dan untuk kepiting dan udang Rp. 35.000/porsi.

  • Potensi Sosial Budaya

Aktifitas nelayan yang sedang menurunkan hasil tangkapan dapat dijadikan potensi sebagai pemandangan bagi wisatawan.

Dari sekian banyak potensi yang ada, sangat memungkinkan sekali pantai ini akan menjadi objek tujuan wisata yang menarik bila dikelola dan dioptimalkan dengan baik.

Semoga semua pihak yang terkait dapat memperhatikan potensi Pantai Sialang Buah dan sebagai masyarakat marilah kita beramai-ramai berkunjung dan menikmati pantai yang pesonanya masih tersembunyi ini.

About these ads

Actions

Information

6 responses

25 02 2010
DESA SIBANGGOR Desa Wisata yang eksotis « @nstone_Architecture Design & Bisnis Info

[...] poin yang menjadi daya tarik wisata di Desa Tradisional Sibanggor ini [...]

5 03 2010
Danau Toba, Pesona Eksotis di Sumatera Utara « @nstone_Architecture Design & Business Info

[...] wisata di Sumatera Utara sangat beragam, dari panorama alam yang indah, budaya masyarakat, kesenian, kerajinan, maupun makanan khas daerahnya. Di salah satu [...]

14 12 2012
Lisna

Pantai sialang buah Ък jauh dri tempat tinggal saya,tepat nya di kecamatan seibamban,”tualang”nama kampung saya,terakhir saya kepantai sialang buah waktu 3sma,,pantai itu dach g indah lgi,,,g tw y skrng dach 4 tahun saya g kepantai sialang buah,yg dlu pantai itu dach g di rawat lgi,,kurang dukungan pemerintah,,peratiaan nya kurang,g diperdulikan lgi membuat pantai itu,,g indah,,,,kurang menarik,,,tapi saya suka dgn ombak nya,n pasir putih yg bgus,n indah,,,,pokok nya ,I LIKe IT sialang buah,,,,mga ad peratian dri pemerintah buat panti sialang buah,,,tempat kelahiran ibu sya ,kampung “sialang buah”

29 03 2013
taylor Guitar

Someone essentially help to make critically posts I’d state. This is the first time I frequented your web page and so far? I amazed with the analysis you made to create this particular put up incredible. Wonderful job!

1 04 2013
breakfast point mitigation bank

It is the best time to make a few plans for the longer term and it’s time to be happy. I’ve
learn this publish and if I may just I want to counsel you some interesting things
or advice. Maybe you could write next articles relating to this article.
I desire to learn more things approximately it!

2 04 2013
bear point mitigation bank

I used to be recommended this blog through
my cousin. I’m now not sure whether or not this submit is written through him as no one else understand such particular about my difficulty. You are wonderful! Thanks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: